PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI BUKIT LANGKAP

Authors

  • Dedek Septa Renna STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Satinem Satinem STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Aswarliansyah Aswarliansyah STKIP-PGRI Lubuklinggau

Keywords:

TTW, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bukit Langkap setelah diterapkan model kooperatif tipe Think Talk Wrtie (TTW) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bukit Langkap yang berjumlah 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 13 soal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan ?=5%. Rata-rata nilai tes akhir siswa sebesar 80,09 dan persentase jumlah siswa yang tuntas sebesar 91,90%. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Bukit Langkap setelah diterapkan model kooperatif tipe TTW secara signifikan tuntas (µ?65).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dedek Septa Renna, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Satinem Satinem, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Aswarliansyah Aswarliansyah, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Febyani, R. Lyesmaya, D. & Nurasiah, I. (2019). Penerapan Model Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda: FKIP Universitas Muhammadiyah, Sukabumi. 2 (2). 71-81.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar: IAIN Raden Intan, Lampung. 2 (2). 190-204.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khoir, U. & Hariani, S. (2014). Penggunaan Media Boneka dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan keterampilan berbicara Siswa Kelas II di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Universitas Negeri, Surabaya. 2 (3). 1-11.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wirawan, K, I. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif TTW (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesa.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Septa Renna, D. ., Satinem, S., & Aswarliansyah, A. (2022). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI BUKIT LANGKAP. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 261–268. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/202