Pelatihan Menulis Sastra Anak bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo Sebagai Upaya untuk Mengenalkan Literasi Sastra

Authors

  • Ari Setyorini Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Masulah Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan melatih guru-guru sekolah dasar untuk menulis kreatif sastra anak. Pelatihan ini didesain sejalan dengan program gerakan literasi nasional, yang salah satunya adalah program literasi sastra, di tingkat sekolah dasar. Pengabdian masyrakat ini bermitra dengan lima sekolahg dasar berbasis yayasan Islam di Sidoarjo. Setiap sekolah mengirim dua guru perwakilan mereka untuk mengikuti pelatihan menulis kreatif yang dilaksanakan sejak Juli hingga September 2019. Kegiatan dirancang dengan mengimplementasikan blended learning yang terdiri dari 16 jam workshop penulisan kreatif secara luring dan 32 jam sesi pendampingan yang dilakukan secara daring. Sesi luring dilakukan untuk membangun pengetahuan dasar peserta mengenai penulisan kreatif dan sastra anak. Sedangkan sesi online memfasilitasi peserta untuk mengirimkan dan mengkonsultasikan draf cerita mereka pada tim fasilitator pengabdian, yang kemudian mendapatkan umpan balik untuk revisi. Menggunakan penilaian Mastery Learning, sebanyak 90% (yakni 9 dari 10 peserta) berhasil menuntaskan proyek penulisan cerita anak. Lebih lanjut, para peserta menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi mereka, mengenalkan mereka akan pengetahuan literasi sastra dan meningkatkan kemampuan menulis sastra anak khususnya dalam bentuk cerita gambar dan cerita pendek. 

 Kata kunci: literasi sastra, penulisan kreatif, sastra anak, guru sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Ari Setyorini, & Masulah. (2021). Pelatihan Menulis Sastra Anak bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo Sebagai Upaya untuk Mengenalkan Literasi Sastra. SNHRP, 38–44. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/20