INOVASI GURU DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RESILIENSI ANAK USIA DINI DI MASA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
Keywords:
Resiliensi, Anak Usia Dini, Belajar dari Rumah (BDR)Abstract
Tantangan dalam menghadapi pandemi dalam pembelajaran PAUD memerlukan daya juang, beradaptasi, menyesuaikan diri dan tetap mencapai potensi perkembangan yang maksimal di masa BDR (Belajar dari Rumah). Kemampuan resiliensi tersebut menjadi permasalahan tersendiri dalam menumbuhkan karakter resiliensi pada anak usia dini, baik dalam penerapan pembelajaran dari sekolah dan di rumah. Tujuan penelitian ini adalah menemukan inovasi guru dalam mengembangkan sikap resiliensi untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan metode studi kepustakaan. Studi kepustakaan atau (library research) melalui langkah-langkah yaitu mencatat semua temuan terbaru dalam berbagai sumber/literatur, memadukan segala temuan teori, menganalisis kelebihan-kekurangan atau hubungan terkait literatur yang ditemukan, dan mengkritisi hasil penelitian dalam gagasan kritis yang baru. Hasil penelitian ini adalah menemukan inovasi guru melalui perencanaan pembelajaran yang baik dengan mengimplementasikannya melalui rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) untuk orang tua yang mengandung sikap resiliensi seperti konsep diri yang positif, mampu mengendalikan diri, pantang menyerah, mau terus menerus belajar, optimis. Hal tersebut dapat mengembangkan rasa berempatii, berkomunikasi dan bersikap positif kepada anak, melatih anak supaya dapat membuat keputusan dan memecahkan masalah, membantu anak bersikap realistis, menumbuhkan kedisiplinan, dan melibatkan anak dalam berbagai kegiatan sosial. Kerjasama orang tua dan guru menjadi factor keberhasilan inovasi mengembangkan karakter resiliensi pada anak usia dini.
Downloads
References
Bardiyati, M. W. &. (2020). Modul 2?: Perencanaan pembelajaran pada kondisi khusus (pertama). Jakarta: Direktorat GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brannon, D. (2008). Character Education: It’s a Joint Responsibility. Kappa Delta Pi Record, 44(2).
Hasbi, M. (2020). BUNGA RAMPAI Pendidikan Anak Usia Dini?; Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (pertama). Jakarta: Direktorat PAUD.
Bardiyati, M. W. &. (2020). Modul 2?: Perencanaan pembelajaran pada kondisi khusus (pertama). Jakarta: Direktorat GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brannon, D. (2008). Character Education: It’s a Joint Responsibility. Kappa Delta Pi Record, 44(2).
Hasbi, M. (2020). BUNGA RAMPAI Pendidikan Anak Usia Dini?; Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (pertama). Jakarta: Direktorat PAUD.
Kemendikbud. (2020a). Mengembangakan Ketangguhan Anak Sejak Dini. Jakarta.
Kemendikbud. (2020b). Surat edaran sekretaris jendral kemendikbud no 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran covid-19.
Viner, R. M., Russell, S. J., Croker, H., Packer, J., W., & J., Stansfi eld, C., … Booy, R. (2020). Review School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19?: a rapid systematic review. The Lancet Child and Adolescent Health.
Zatalini, R. (2020). Bunga rampai PAUD?; Integrasi Pendidikan Karakter dalam Project-based Learning untuk Anak Usia Dini. https://www.researchgate.net/publication/349074518.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.