IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Authors

  • Fitriana Puspa Hidasari
  • Mimi Haetami

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran daring, Dampak Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi pendidik dalam implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang terdapat di daerah / wilayah tanpa jaringan internet dan minim akses jaringan internet yang dilaksanakan pada masa pandemik COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik survei untuk mendapatkan hasil mengenai bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan jasmani disituasi pandemi tahun 2020. Dari metode penelitian, untuk memperoleh hasil penelitian ini menggunakan kuesioner yang memodifikasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang  telah diuji menggunakan uji Conbrach Alpha dengan nilai yang telah ditentukan, sehingga instrumen telah memiliki nilai internal konsistensi berdasarkan uji konstruk (Conbrach Alpha) dan fase development telah ditentukan untuk tidak dikaji. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengimplementasian pembelajaran daring dianggap pendidik tidak efisien dan sulit dalam implementasinya di wilayah yang tidak menyediakan provider jaringan yang stabil sehingga tidak dapat memberikan pembelajaran secara maksimal ke peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383/362

Code, J., Ralph, R., & Forde, K. (2020). Pandemic Designs For The Future: Perspectives of Technology Education Teachers During COVID-19. Information and Learning Sciences, 121(5/6), 419–431. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0112

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100.

Redinger, J. W., Cornia, P. B., & Albert, T. J. (2020). Teaching During a Pandemic. Journal of Graduate Medical Education, 12(4), 403–405. https://doi.org/10.4300/JGME-D-20-00241.1

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan & Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111

Yu, J., & Jee, Y. (2021). Analysis of Online Classes in Physical Education During the Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/EDUCSCI11010003

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Puspa Hidasari, F., & Haetami, M. . (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 225–231. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/196