Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik
Keywords:
Problem Based Learning, Tematik TerpaduAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan peran model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Model yang banyak diadopsi untuk menunjang model pembelajaran learned centered dan menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif seperti dalam proses pembelajaran tematik terpadu adalah model Problem Based Learning (PBL). Dalam pemelajaran tematik terpadu siswa diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa aktif mencari, pembelajaran yang berbasis kelompok, dan menggunaka masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Hal ini sejalan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Artikel ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui gambaran model Project Based Learning dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Hasil analisis ternyata menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Downloads
References
Elaine H.J. Yew, K. G. (2016). Problem-Based-Learning An Overview of its
Elaine H.J. Yew, K. G. (2016). Problem-Based-Learning An Overview of its process and Impact on Learning. Science Direct, 75-79.
Ety Zuriati, N. A. (2020). Peningkatan Hasil pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD (Studi Literatur). Pendidikan Tambusai, 2071-2082.
Lingga Indra Yani, T. T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dikelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Inovasi Pembelajaran SD, 70-82.
Ni L. Sudewi, I. W. (2014). Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 1-9.
Oktavia Wulandari, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Inovasi Pembelajaran SD, 1-25.
Oktavia Wulandari, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 64-81.
Rahma Yelnosia, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Inovasi Pembelajaran SD, 166-183.
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.
Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.
Yetti, E., Yufiarti, Pramitasari, M., Suharti, Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. Elementary Education Online, 20(1), 642–650. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54 Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.