Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik

Authors

  • Erlina Wahyu Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Silviana Devi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadya Delia Lisni Dewi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Irviani Alrifta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadya Chairul Syamlan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Khumairoh Nur’Aini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Problem Based Learning, Tematik Terpadu

Abstract

 Artikel  ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan peran model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Model  yang  banyak  diadopsi  untuk  menunjang  model  pembelajaran learned centered dan menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif seperti  dalam proses pembelajaran tematik terpadu  adalah  model  Problem  Based  Learning  (PBL). Dalam pemelajaran tematik terpadu siswa diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa aktif mencari, pembelajaran yang berbasis kelompok, dan menggunaka masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan memecahkan  masalah.  Hal  ini  sejalan  dengan  model  pembelajaran Problem  Based   Learning  (PBL). Artikel ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui gambaran model Project Based Learning dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Hasil analisis  ternyata  menunjukkan  model  pembelajaran  Problem  Based Learning  efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erlina Wahyu Ramadhani, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Silviana Devi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nadya Delia Lisni Dewi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Irviani Alrifta, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nadya Chairul Syamlan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Khumairoh Nur’Aini, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Elaine H.J. Yew, K. G. (2016). Problem-Based-Learning An Overview of its

Elaine H.J. Yew, K. G. (2016). Problem-Based-Learning An Overview of its process and Impact on Learning. Science Direct, 75-79.

Ety Zuriati, N. A. (2020). Peningkatan Hasil pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD (Studi Literatur). Pendidikan Tambusai, 2071-2082.

Lingga Indra Yani, T. T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dikelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Inovasi Pembelajaran SD, 70-82.

Ni L. Sudewi, I. W. (2014). Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 1-9.

Oktavia Wulandari, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Inovasi Pembelajaran SD, 1-25.

Oktavia Wulandari, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 64-81.

Rahma Yelnosia, T. T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Inovasi Pembelajaran SD, 166-183.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Yetti, E., Yufiarti, Pramitasari, M., Suharti, Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. Elementary Education Online, 20(1), 642–650. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.54 Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Ramadhani, E. W. ., Devi, S., Lisni Dewi, N. D. ., Alrifta, I. ., Syamlan, N. C. ., & Nur’Aini, K. . (2022). Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 213–219. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/194