PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI TANJUNG BERINGIN
Keywords:
Model Outdoor Learning, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran outdoor learning. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas V SD Negeri Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 27 siswa dan sampel yang diambil berjumlah 27 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes. Data yang dikumpulkan setelah dianalisis dengan menggunakan uji-z pada taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh = 4,48 ? = 1,64 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Tematik siswa kelas V SD Negeri Tanjung Beringin setelah diterapkannya Model Outdoor Learning secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,62.
Downloads
References
Amini, R., & Munandar, A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor Terhadap Penguasaan Konsep Pendidikan Lingkungan Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 1, April 2010.
Egok, Asep Sukenda, & Hajani, Tri Juli. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA). Lubuklinggau: STKIP-PGRI Lubuklinggau. Jurnal Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, ISSN: 2528-5564.
Febriandi, Riduan. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Untuk Siswa Kelas IV SD Pada Materi Bangun Datar. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kadir, & Asrohah. (2014). Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nisa, Jakiatin. (2015). Outdoor Learning Sebagai Metode Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. SOSIO DIDAKTIKA: Social Sains Education Jurnal, 2(1).
Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.