STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU
Keywords:
pembelajaran inkuiri, tematik terpadu, hasil belajarAbstract
Saat ini, model pembelajaran konvensional masih banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan, terutaman di Sekolah Dasar. Hal ini menjadikan siswa cenderung bosan dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga berdampak pada minta dan hasil belajar siswa. Tujuan dari artikel review ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran tematik terpadu berdasarkan penelitian terdahulu, sehingga dapat mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri. Hasil data yang didapat dari studi literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal/artikel menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Jazimah, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 91-109.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29.
Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org
Riyanti, Y. T. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Juris prudensial Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran PKN. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 79-90.
Sanjaya, W. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.
Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.
Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.
Surya, Y. F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Inkuiri Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 12-15.
Suyanti, Fauziah F. & Maridjo A. H. (2013). Peningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas III SDN 14 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikandan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7)
Zuldesnita, D., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2662–2670.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.