STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU

Authors

  • Isnaini Hidayati universitas pgri adi buana
  • Windi Puji Lestari universitas pgri adi buana
  • Nur Mauidatul Choiroh universitas pgri adi buana
  • Ardi Jihad Surya Atmaja, universitas pgri adi buana
  • Nurul Huda universitas pgri adi buana

Keywords:

pembelajaran inkuiri, tematik terpadu, hasil belajar

Abstract

Saat ini, model pembelajaran konvensional masih banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan, terutaman di Sekolah Dasar. Hal ini menjadikan siswa cenderung bosan dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga berdampak pada minta dan hasil belajar siswa. Tujuan dari artikel review ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran tematik terpadu berdasarkan penelitian terdahulu, sehingga dapat mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri. Hasil data yang didapat dari studi literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal/artikel menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Isnaini Hidayati, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Windi Puji Lestari, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nur Mauidatul Choiroh, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ardi Jihad Surya Atmaja,, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurul Huda, universitas pgri adi buana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Jazimah, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 91-109.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29.

Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2).

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Rachmadtullah, R., Yustitia, V., Setiawan, B., Mahya Fanny, A., Pramulia, P., Susiloningsih, W., Tur Rosidah, C., Prastyo, D., & Ardhian, T. (2020). The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1879–1882. www.ijstr.org

Riyanti, Y. T. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Juris prudensial Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran PKN. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 79-90.

Sanjaya, W. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sari, Y., Luvita, R. D., Cahyaningtyas, A. P., Iasha, V., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1125–1133.

Setiawan, B. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Peer Tutoring Berbasis Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Banyudono.

Setiawan, B., Juniarso, T., Fanani, A., & Iasha, V. (2020). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 230–236.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Surya, Y. F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Inkuiri Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 12-15.

Suyanti, Fauziah F. & Maridjo A. H. (2013). Peningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas III SDN 14 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikandan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7)

Zuldesnita, D., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2662–2670.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Hidayati, I. ., Puji Lestari, W. ., Mauidatul Choiroh, N. ., Surya Atmaja, A. J. ., & Huda, N. . (2022). STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 3, 194–199. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/191