MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Pembelajaran, Audio-Visual, Sekolah DasarAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa sehingga akan membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan memadatkan informasi. Penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh peserta pendidik merupakan langkah awal yang dilakukan oleh pendidik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Pendidik dapat memanfaatkan teknologi yang saat ini sangat berkembang pesat, contohnya dengan mengunakan media pembelajaran audio visual. Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur auditif (mendengar) dan unsur visual (melihat).
Downloads
References
Anderson, R.H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Hayati Najmi, M. Yusuf Ahmad, Febri Harianto. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota”. Jurnal Al-hikmah Vol. 14, No. 2, Oktober 2017.
Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Sari, Y. et al. (2020) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sitentik terhadap Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1125–1133.
Setiawan, B. et al. (2020) ‘Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19: Pengaruhnya Terhadap Pemahanan Konsep Fisika Mahasiswa’, Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), pp. 230–236.
Setiawan, B. and Iasha, V. (2020a) ‘Corona Virus Disease 2019: The Perspective Opinion From Pre-Service Elementary Education Teacher’, Education, Sustainability & Society, 3(2), pp. 33–36. doi: 10.26480/ess.02.2020.33.36.
Setiawan, B. and Iasha, V. (2020b) ‘COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS’, JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), pp. 114–123.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R. and Iasha, V. (2020) ‘Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 1074–1083.
Susilana, R dan Riyana C. Media Pembelajaran. Bandung: 2007. CV Wahana Prima hlm. 18
Yetti, E. et al. (2021) ‘The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate’, Elementary Education Online, 20(1), pp. 642–650. doi: 10.17051/ilkonline.2021.01.54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.