STUDI LITERATUR MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SD
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil belajarAbstract
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku secara keseluruhan, bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Melihat permasalahan ini, perlu dilakukan perbaikan agar proses pembelajaran menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuan dari artikel review ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning pada peningkatan hasil belajar siswa di SD berdasarkan penelitian terdahulu, sehingga dapat mengetahui seberapa besar peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil data yang diperoleh oleh peneliti terdahulu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa SD yang dapat memberikan dampak positif setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning.
Downloads
References
Cholisin. (2006). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran. Makalah disampaikan pada kegiatan MGMP PKn SMP Kota Yogyakarta.
Dewi, A., Desi, W. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Joyful Learning Jounal. Vol 8 (1) 6-11.
Firman, dkk. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 113 Pekanbaru. INA-Rxiv.
Fitriani, Sinta, dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III Pada Materi Perubahan Cuaca Di SDN 02 Manisrejo Kota Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol 2 halaman 44-52.
Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5 (1), 1-12.
Karimanto K. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001. Journal Online Mahasiswa (JOM) Bidang keguruan dan ilmu pendidikan, 5 (1), 1-12.
Mariya. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Vol 3 (6).
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Riswati, R. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001. Journal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 5 (1), 1-12.
Rusman. (2010). Model-model Membelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Graha Grafindo Persada.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda Media.
____________. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafiondo Persada.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2012). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka belajar.
Sutriyani, Wulan, dan Herwin Widyatmoko. (2020). Efektivitas Model PBL (Problem Based Learning) Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara. Vol. 2 (2) 220-230.
Zain, D., Djamarah. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.