Perancangan Media Interaktif Energi Baru Terbarukan Berbasis Android
Abstract
Energi baru dan terbarukan (EBT) akan menggantikan energi fosil yang tidak lama lagi akan habis apabila tidak digantikan. Pemahaman mengenai EBT belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat luas, terutama masyarakat yang belum dapat mengenyam pendidikan tinggi. Disisi lain, energi merupakan sebuah keharusan yang selalu digunakan masyarakat sehari-hari. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama perkembangan teknologi informasi membuat segala informasi saat ini dapat secara mudah diakses melalui genggaman saja. Informasi yang sangat luas dapat diakses melalui perangkat ponsel pintar (smartphone) salah satunya dalam bentuk program multimedia. Penelitian ini berusaha merancang media interaktif mengenai energi baru dan terbarukan dengan diterapkan untuk smartphone Android. Metode penelitian terdiri atas identifikasi masalah dengan analisa masalah-masalah yang ditemukan, pengumpulan data (studi literatur dan observasi) berdasarkan kebutuhan-kebutuhan untuk menjawab masalah-masalah yang ditemukan sebelumnya, lalu dibangun program perangkat lunak multimedia dengan metode multimedia development life cycle (MDLC). Hasil berupa perancangan program “Multimedia EBT“ dirancang untuk perangkat smartphone berbasis Android minimum versi 5.0 atau lebih tinggi. Program berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan energi baru terbarukan (EBT). Hasil pengujian black-box testing terhadap fitur-fitur pada program memberikan hasil sesuai harapan.
Downloads
References
Adhania, T., Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Ketahanan Pangan, Industri, Energi Di SMAN 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1). 1-10.
Al Hakim, R. R. (2020). Model Energi Indonesia, Tinjauan Potensi Energi Terbarukan untuk Ketahanan Energi di Indonesia: Sebuah Ulasan. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11.
Al Hakim, R. R., Ropiudin, Muchsin, A., & Lestari, F. S. (2021). Analisis Kenaikan Tagihan Listrik Selama Pendemi Covid-19 Berdasarkan Perilaku Konsumtif Energi Listrik di Indonesia. JURNAL CAFETARIA, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.2020/akuntansi.v2i1.279
Al Hakim, R. R., Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease?: Cases Study of Banyumas Regency. Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958
Al Hakim, R. R., Setyowisnu, G. E., & Pangestu, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 82–91. https://doi.org/dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91
Arifin, J., & Fadhlillah, M. R. (2017). Multimedia Interaktif Sebagai Media Informasi Mengenai Pengenalan Energi Alternatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 1(1), 30. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.309
Dahroni, A., Putra, E., & Pratama, M. F. (2019). Perancangan Multimedia Interaktif Untuk Kampanye Penghematan Energi Listrik Rumah Tangga. KILAT, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33322/kilat.v8i1.364
Dasmo, D. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Tentang Pemanfaatan Energi Nuklir Di Indonesia Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 28 Jakarta. Jurnal Desain, 2(3), 131–144. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V2I03.579
Adhania, T., Kristanto, A., Pd, S., & Pd, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Ketahanan Pangan, Industri, Energi Di SMAN 19 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1). 1-10.
Al Hakim, R. R. (2020). Model Energi Indonesia, Tinjauan Potensi Energi Terbarukan untuk Ketahanan Energi di Indonesia: Sebuah Ulasan. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11.
Al Hakim, R. R., Ropiudin, Muchsin, A., & Lestari, F. S. (2021). Analisis Kenaikan Tagihan Listrik Selama Pendemi Covid-19 Berdasarkan Perilaku Konsumtif Energi Listrik di Indonesia. JURNAL CAFETARIA, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.2020/akuntansi.v2i1.279
Al Hakim, R. R., Rusdi, E., & Setiawan, M. A. (2020). Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease?: Cases Study of Banyumas Regency. Journal of Intelligent Computing & Health Informatics, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.26714/jichi.v1i2.5958
Al Hakim, R. R., Setyowisnu, G. E., & Pangestu, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 82–91. https://doi.org/dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91
Arifin, J., & Fadhlillah, M. R. (2017). Multimedia Interaktif Sebagai Media Informasi Mengenai Pengenalan Energi Alternatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 1(1), 30. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v1i1.309
Dahroni, A., Putra, E., & Pratama, M. F. (2019). Perancangan Multimedia Interaktif Untuk Kampanye Penghematan Energi Listrik Rumah Tangga. KILAT, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.33322/kilat.v8i1.364
Dasmo, D. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Tentang Pemanfaatan Energi Nuklir Di Indonesia Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 28 Jakarta. Jurnal Desain, 2(3), 131–144. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V2I03.579
Gumelar, B. W., Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2019). Pembelajaran Energi Terbarukan Untuk Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kabupatan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(1), 16. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504
Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19?: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.