PENGENALAN ETNOMATEMATIKA MELALUI SEMPOA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Authors

  • Dia Eka Wati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan sempoa geometri sebagai media pembelajaran etnomatematika untuk anak tunagrahita ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sempoa geometri terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sempoa geometri meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan. Etnomatematika, sebagai pendekatan yang berfokus pada penggunaan konsep matematika dalam konteks budaya dan lingkungan, dapat membantu meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita ringan yang memiliki kelemahan dalam berhitung.

Kata Kunci: Etnomatematika, Disabilitas, Geometri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Dia Eka Wati, & Ervin Nurul Affrida. (2024). PENGENALAN ETNOMATEMATIKA MELALUI SEMPOA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 1101 – 1107. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1170