EKSPLORASI ETHNOSAINS “SENI JIDOR” SEBAGAI TUGAS PRODUK KONSEP BUNYI DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA PGSD
Abstract
Abstrak
Melakukan inovasi proses pembelajaran dalam perkuliahan mahasiswa PGSD merupakan sebuah tuntutan, agar dapat memberikan motivasi dan gambaran pentingnya perubahan pendekatan pembelajaran pada mahasiswa. Makalah ini bertujuan mengkaji Eksplorasi Ethnosains “Seni Jidor” sebagai Tugas Produk Konsep Bunyi Dalam Pembelajaran Mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Obyek sasaran penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya angkatan 2022. Hasil penelitian menunjukkan tugas produk pembuatan alat musik Jidor sederhana sebagai Eksplorasi Ethnosains Konsep Bunyi dapat memberikan pengalaman belajar konsep bunyi yang lebih nyata, mengakaktifkan, menyenangkan, dan mengesankan sehingga memberikan hasil belajar yang tinggi (76% memenuhi KKM) pada mahasiswa PGSD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa eksplorasi ethnosains “seni jidor” sebagai tugas produk konsep bunyi dalam pembelajaran mahasiswa PGSD dapat memberikan pengalaman belajar konsep bunyi yang lebih nyata, mengakaktifkan, menyenangkan, dan mengesankan serta hasil belajar yang tinggi pada mahasiswa.
Kata Kunci : Eksplorasi, Ethnosains, Seni Jidor
Abstract
Innovating the learning process in PGSD student lectures is a requirement, in order to provide motivation and illustrate the importance of changing learning approaches for students. This paper aims to examine the ethnoscience exploration of "SeniJidor" as a sound concept product assignment in PGSD student learning. The method used is descriptive quantitative. The target object of this research is PGSD Students of PGRI Adi Buana University Surabaya Class of 2022. The results of the research show that the product task of making simple Jidor musical instruments as an Ethnoscience Exploration of Sound Concepts can provide a more real, activating, enjoyable and impressive learning experience of sound concepts so as to provide good learning outcomes. high (76% meets the KKM) among PGSD students. Thus, it can be concluded that the ethnoscience exploration of "jidor art" as a sound concept product assignment in PGSD student learning can provide a more real, activating, enjoyable and impressive sound concept learning experience as well as high learning outcomes for students.
Keywords : Exploration, Ethnoscience, Jidor Art
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.