TANTANGAN DAN UPAYA GURU BK DALAM MENGHADAPI PENGARUH GAME ONLINE DI ERA TEKNOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

Authors

  • Sindy Irsita Arianti Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Maghfirotul Lathifah Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Salah satu tantangan dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling (BK) di SMP
Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo adalah berubahnya perilaku siswa yang diakibatkan oleh
kecanduan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana upaya guru BK dalam
menghadapi perilaku bermasalah siswa yang diakibatkan oleh kecanduan bermain game online,
dimana dapat menyebabkan kekhawatiran orang tua para peserta didik yang terkait. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menyertakan kegiatan observasi
serta wawancara mendalam. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa guru BK
memberikan hukuman berbasis terapi perilaku kognitif sebagai upaya untuk menghadapi
perilaku bermasalah peserta didik. Dengan ini, peran guru BK sangat diperlukan untuk
menghentikan dan mencegah masuknya pengaruh negatif dari game online kepada peserta didik.
Kata kunci: Game Online; tantangan Guru BK; Bimbingan dan Konseling

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Sindy Irsita Arianti, & Maghfirotul Lathifah. (2024). TANTANGAN DAN UPAYA GURU BK DALAM MENGHADAPI PENGARUH GAME ONLINE DI ERA TEKNOLOGI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1147

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>