Pengembangan Aplikasi Customer Relationship Management Donatur Panti Yauma Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel

Authors

  • Aef Syaefuddin Zuhri Program Studi Teknik Informatika, Universitas Majalengka, Indonesia
  • Budiman Program Studi Teknik Informatika, Universitas Majalengka, Indonesia

Abstract

Yayasan Umat Mandiri Nusantara (Panti Yauma) plays an important role in humanitarian
activities and social services, with significant contributions from donors. To improve the
efficiency of managing relationships with donors, an effective and centralized system is needed.
This research developed a web-based Customer Relationship Management (CRM) Application
specifically for donors of the Yauma Home. This application, which uses the Laravel Framework,
is designed to make it easier for admins to manage donation history, record donations, and
display donor data. Key features include donor management, donation recording, and donation
reporting. Testing shows that the app improves efficiency and transparency in managing
donations and makes it easier for donors to track their contributions. With this technology, it is
hoped that the relationship between the foundation and donors can be better and sustained.
Keywords: CRM; Laravel; Donors; Yauma Orphanage; Information Technology

Yayasan Umat Mandiri Nusantara (Panti Yauma) berperan penting dalam kegiatan kemanusiaan
dan pelayanan sosial, dengan kontribusi signifikan dari para donatur. Untuk meningkatkan
efisiensi pengelolaan hubungan dengan donatur, diperlukan sistem yang efektif dan terpusat.
Penelitian ini mengembangkan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web
khusus untuk donatur Panti Yauma. Aplikasi ini, yang menggunakan Framework Laravel,
dirancang untuk memudahkan admin dalam mengelola riwayat donasi, perekapan donasi, dan
menampilkan data donatur. Fitur utama mencakup manajemen donatur, pencatatan donasi, dan
pembuatan laporan donasi. Pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini meningkatkan efisiensi
dan transparansi dalam pengelolaan donasi serta memudahkan donatur melacak kontribusi
mereka. Dengan teknologi ini, diharapkan hubungan antara yayasan dan donatur dapat terjaga
dengan lebih baik dan berkelanjutan.
Kata kunci: CRM; Laravel; Donatur; Panti Yauma; Teknologi Informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Aef Syaefuddin Zuhri, & Budiman. (2024). Pengembangan Aplikasi Customer Relationship Management Donatur Panti Yauma Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1134