Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Abstract
Pengkajian ini bermaksud guna melihat bahagaimana dampak metode SQ3R berkenaan
keterampilan menginterprestasikan penelahaan siswa pada penelahaan Bahasa Indonesia di SD
dan bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan Metode SQ3R. Pemeriksaan ini memanfaatkan
pendekatan kuantitatif dengan agenda eksperimen posttest only control design. Populasi pada
penelitian terdiri dari 60 murid kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya. Data
dikumpulkan melalui tes tulis dan pemantauan. Jawaban dari kajian ini melihatkan bahwa
metode SQ3R mempunyai pengaruh terhadap kapasitas menaksir pengetahuan siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode SQ3R
mencapai rata-rata 81,67, sementara kelas kontrol tanpa penerapan metode SQ3R hanya
mencapai rata-rata 56,67. Ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran SQ3R
menghasilkan dampak yang positif terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Hasil
pengujian uji hipotesis ini memakai Pengujian Independent Sample T-test mengindikasikan taraf
penerimaan (2-tailed) seraya taraf 0,000 < 0,05, sehingga H0 di tolak. Kedua, hasil pengamatan
aktivitas siswa dalam penerapan metode SQ3R menunjukkan efektivitasnya, dengan skor ratarata
lembar observasi aktivitas siswa mencapai 4 dengan keterangan “sangat baik”. Mayoritas
para siswa terlibat secara aktif dalam segala proses pembelajaran keterampilan membaca
pemahaman, yang mengakibatkan terjadinya peningkatan pada keterampilan membaca
pemahaman mereka.
Kata kunci: Metode Pembelajaran SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman, Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.