PELAKSANAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SD NEGERI BALONGGEMEK 1 MEGALUH
Abstract
Untuk memberikan pendidikan yang baik, guru harus memiliki kemampuan dan keahlian yang
diperlukan untuk melakukan peran profesional dalam masyarakat dan di sekolah. Untuk
mengatasi masalah ini, guru harus merencanakan kegiatan pembelajaran dan
mempertimbangkan pengetahuan awal siswa tentang konsep. Pembelajaran konstruktivisme
adalah salah satu model pembelajaran yang bertolak dari pengetahuan awal siswa. Pendekatan
ini menekankan pembentukan pemahaman siswa secara aktif, kreatif, dan produktif
berdasarkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang relevan. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk
mengangkat dan mendokumentasikan fakta-fakta, keadaan, variable, dan fenomena yang terjadi
saat menerapkan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran dasar. Proses pembelajaran
di SD Negeri Balonggemek 1 Megaluh menggunakan pendekatan konstruktivisme, yaitu
perencanaan pembelajaran. Selanjutnya, tahap pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan
apersepsi dan motivasi, mengulang kembali materi yang telah diberikan sebelumnya,
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, pendekatan konstruktivisme, dan mendorong
siswa untuk membangun ide awal. Pada akhir pertemuan, pertanyaan diberikan secara lisan
untuk evaluasi.
Kata kunci: Pendidikan, Pembelajaran, Konstruktivisme
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.