Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 4 melalui Pembelajaran Konstruktivisme yang Aktif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan oleh siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa terhadap matematika. Rendahnya minat belajar dapat berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 melalui pembelajaran konstruktivisme yang aktif dan menyenangkan pada mata pelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara siswa, dan angket minat belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme yang aktif dan menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor angket minat belajar siswa dari siklus ke siklus. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme dan keaktifan yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pembelajaran konstruktivisme yang aktif dan menyenangkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika. Guru perlu menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang menarik, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Konstruktivisme, Matematika, Siswa Kelas 4
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.