IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE E SMK KETINTANG SURABAYA
Abstract
Meningkatkan mutu pendidikan merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan berbagai faktor yang berkaitan dengan itu, dengan arah agar tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan lebih efisien. Proses belajar mengajar menempati posisi yang amat penting dan menentukan. Namun, perlu dicatat bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu interaksi yang bersifat manusiawi antara guru dan siswa yang penuh mengandung ketidakpastian (konstruktivisme). Pembelajaran diferensiasi ini mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan, minat, dan gaya belajar yang berbeda-beda. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase E atau Kelas X, implementasi pembelajaran diferensiasi ini dapat dianalisis dari keterampilan berbicara di depan umum atau Public Speaking. Keterampilan public speaking merupakan salah satu kemampuan penting bagi siswa di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan public speaking pada mata pelajaran Bahasa Indonesia FASE E. Hal ini terlihat dari meningkatnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar public speaking, meningkatnya rasa percaya diri siswa dalam berbicara di depan umum.
Kata kunci: Konstruktivisme; pembelajaran berdiferensiasi; Public Speaking.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.