Efektivitas Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 di SD Negeri Tanggungan untuk Meningkatkan Literasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran konstruktivisme yang
mengacu dalam Platform Merdeka Mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 di
SD Negeri Tanggungan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang untuk meningkatkan literasi
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed
methods) yang mengombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrumen
penelitian diantaranya dengan kuesioner, wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontruktivisme dalam Platform
Merdeka Mengajar dapat meningkatkan literasi siswa secara signifikan. Siswa lebih aktif dan
termotivasi dalam proses pembelajaran, serta mampu memahami materi dengan lebih baik.
Penerapan Pembelajaran Kontruktivisme dalam Platform Merdeka Mengajar terbukti efektif
dalam meningkatkan literasi siswa. Sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar dan mencari
informasi terbaru.
Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivisme, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Bahasa
Indonesia, Literasi , Kelas 5
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.