Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri Galengdowo 1

Authors

  • Winarni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran detail mengenai teori pembelajaran konstruktivisme, khususnya dalam konteks pelajaran matematika. Metodologi yang digunakan adalah kajian pustaka, dengan menelaah berbagai sumber literatur yang relevan tentang teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme memiliki dampak signifikan terhadap dinamika pembelajaran di kelas. Terjadi pergeseran paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam konteks pembelajaran matematika, pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif mencari dan membangun pengalaman belajar mereka sendiri yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketika siswa mampu menemukan pengetahuan baru melalui usaha mandiri, pengetahuan tersebut akan lebih melekat dalam ingatan mereka. Bahkan jika terjadi kelupaan, mereka akan lebih mudah mengingat kembali konsep-konsep yang telah dipelajari. Hal ini menunjukkan efektivitas pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan pemahaman dan retensi pengetahuan matematika pada siswa

Kata kunci: Belajar, Konstruktivisme, Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Winarni. (2024). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri Galengdowo 1 . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1108