PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS SEJARAH “THE ADVENTURE WITH GUS” UNTUK MENGGALI PEMAHAMAN MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Permainan edukatif adalah kegiatan yang mencakup tindakan tertentu yang di dalamnya terdapat peraturan-peraturan tertentu yang dilakukan oleh guru untuk tujuan kognitif emosional dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang mudah dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu berbentuk rancangan permainan yang berjudul the adventure with gus. Adapun rancangan tersebut memuat konsep awal permainan the adventure with gus, tampilan awal permainan secara digital, tampilan pencipta permainan secara digital, tampilan capaian pembelajaran permainan secara digital. Kesimpulan pada penelitian ini menjelaskan bahwa permainan edukatif yang berjudul the adventure with gus mampu meningkatkan pengetahuan secara kognitif maupun afektif.
Kata kunci: permainan edukatif matematika; pembelajaran matematika, geometri
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.