PROGRAM DAN KINERJA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI UPT SMP NEGERI 8 GRESIK
Abstract
Abstrak
Sekolah atau madrasah memainkan peran penting dalam membentuk individu yang
berpengetahuan. Pendidikan merupakan metode untuk mencapai harapan, dengan peran
strategis dalam perkembangan peradaban dunia. Salah satu aspek penting dalam pembangunan
peradaban yang baik adalah pendidikan karakter. Di tengah tuntutan prestasi di sekolah, peserta
didik sering mengalami tekanan yang dapat menyebabkan stres dan respon negatif. Layanan
bimbingan dan konseling di sekolah menjadi komponen penting dalam membantu peserta didik
mengelola stres dan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program dan
kinerja layanan bimbingan dan konseling di UPT SMP Negeri 8 Gresik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa UPT SMP Negeri 8 Gresik telah menyediakan program BK yang terstruktur
dan berjalan dengan baik, dengan alokasi waktu layanan sebesar 80% atau lebih untuk
berinteraksi dengan peserta didik. Program BK di UPT SMP Negeri 8 Gresik telah merespons
isu-isu dan permasalahan di lingkungan sekolah dengan cepat dan tepat. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah bahwa UPT SMP Negeri 8 Gresik telah berhasil mengimplementasikan teori
Gysbers & Henderson (2006) dalam pengembangan program dan layanan BK yang
komprehensif.
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Layanan, Analisis Deskriptif, Teori Gysbers
Copyright
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.