ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MIE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Authors

  • Faris Dwi Saputra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Manik Ayu Titisari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan faktor terpenting bagi restoran, agar terus berdiri dan
berkembang. Setiap harinya perkembangan jumlah konsumen semakin meningkat sehingga
kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen harus diprioritaskan. Cara meningkatkan kepuasan
konsumen adalah berusaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen dengan
menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitian ini adalah
merancang usulan perbaikan pelayanan di Mie Kober dengan menggunakan QFD. Pada penelitian
ini penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menyebarkan
kuesioner kepada 50 responden dari Mie Kober berdasarkan pengolahan data yang dilakukan
untuk merancang usulan perbaikan dengan metode Quality Function Deployment (QFD).
Penentuan sampel menggunakan teknik Non probability Sampling dengan jumlah responden 50
orang. Kuesioner diuji validitas dan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach’s Alpha(α). Hasil uji
validitas menunjukkan bahwa 15 indikator semuanya valid, dimana pada n = 50 dan α = 0,05
didapatkan nilai r hitung lebih besar dibandingkan r tabel = 0,2353. Sedangkan hasil uji
reliabilitas untuk Kepentingan sebesar 0.895, 0.828 dan 0.824, berarti reliabel. Nilai CSP dari Mie
Kober dari tiap-tiap atribut banyak yang masih bernilai rendah dibandingkan dengan hasil dari
CSP pesaing. Yang artinya para pelanggan belum cukup puas terhadap kinerja yang dilakukan
oleh Mie Kober.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Faris Dwi Saputra, & Manik Ayu Titisari. (2024). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MIE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1091