PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elena Suci Nurkumalasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar bahasa Indonesia dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching model Problem
Based Learning. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II-C SDN Sedati
Gede 2 Sidoarjo dengan jumlah siswa 31 siswa. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa
melalui observasi, tes evaluasi dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
setiap siklusnya. Secara klasikal hasil belajar 31 siswa siklus 1 sebesar 87% dan siklus 2 sebesar
90% yang mana sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas hasil belajar siswa mencapai
ketuntasan 65%. Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching
model Problem Based Learning dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa
karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 75% nilai
siswa mencapai skor KKM atau ≥ 75.
Kata kunci: culturally responsive teaching; problem based learning; hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Elena Suci Nurkumalasari. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS II SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1089