PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 3 SD NEGERI KEBONDALEM 3
Abstract
Media merupakan salah satu aspek yang harus dikuasai guru dalam penyampaian pembelajaran.
Berbagai jenis media berkembang berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta
perubahan karakteristik siswa sehingga media mempunyai peranan penting dalam dunia
pendidikan. Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media audio visual
dalam pembelajaran daring serta mengetahui hasil belajar kelas 3 SD Negeri Kebondalem 3.
Penelitian dilakukan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta
refleksi. Penerapan media audio visual dilakukan dalam pembelajaran daring karena masih
dalam situasi pandemi covid-19. Hasil respon siswa terhadap penerapan media audio visual
dalam pembelajaran daring diperoleh persentase sebesar 91,3%. Hasil belajar siswa setelah
pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran daring dapat
dikategorikan sangat tinggi. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal sangat tinggi
persentasenya menunjukkan 89,6% peserta didik berhasil. Jadi dapat disimpulkan bahwa
penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring
di kelas 3 SD Negeri Kebondalem 3 dan relevan digunakan untuk pembelajaran daring.
Kata Kunci: Media Audio Visual; Pembelajaran daring; Media Pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.