Respon Siswa Berbasis Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM Di Kelas X SMA Al-Islam Krian Sidoarjo
Abstract
Pembelajaran yang berkualitas dapat mempengaruhi keefektifan dalam pembelajaran. Salah
satu tolak ukur efektivitas pembelajaran adalah respon siswa dalam pembelajaran. Apabila
siswa mempunyai kemampuan untuk mengelola, mengontrol, mengawasi dan mengatur
emosinya dengan tepat maka dapat dikatakan mempunyai kecerdasan emosional yang baik.
Oleh karena itu, kecerdasan emosional dapat dianggap sebagai komponen yang dapat
dipertimbangkan dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pembelajaran yang efektif. Subjek
yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas X-04 SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Metode yang
digunakan penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one-shot cas study.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa selama proses pembelajaran menggunakan
pendekatan STEM dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)
selama dua pertemuan didapatkan hasil sebagai berikut: Siswa dengan kecerdasan emosional
tinggi diperoleh presentase respon positif yaitu 95,71%. Siswa dengan kecerdasan emosional
sedang diperoleh presentase respon positif yaitu 91,67%. Sedangkan siswa dengan kecerdasan
emosional rendah diperoleh presentase respon positif yaitu 58,64%.
Kata kunci: Respon Siswa; Kecerdasan Emosional; STAD ; Pendekatan STEM
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.