PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA SDN DUKUH MENANGGAL 01 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning
(PBL) terhadap perilaku prososial siswa kelas V SDN Menanggal 01 Surabaya. Jenis penelitian
yang digunakan ialah penelitian kuantitatif yakni Quasi Experimental dengan bentuk Posttest
Only Control Design. Populasi sampel penelitian yakni kelas V B dengan jumlah 25 siswa sebagai
kelas eksperimen sedangkan kelas V C dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran Model problem-based learning (PBL) yang dilakukan di SDN
Menanggal 01 Surabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah Quesioner.
Instrument pada penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran Problem Based Learning
terhadap perilaku prososial siswa kelas V SDN Menanggal 01 Surabaya.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Perilaku Prososial
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.