EFEKTIVITAS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Pendidikan di Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan yang luar biasa dalam
meningkatkan karakter peserta didik. Keadaan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter
dalam lingkungan sekolah belum maksimal dalam meningkatkan karakter peserta didik. Oleh
karena itu, melalui kebijakan pemerintah di bidang pendidikan meluncurkan sebuah kurikulum
merdeka yang menyajikan warna baru dengan adanya penerapan proyek penguatan profil
pelajar Pancasila (P5) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya
meningkatkan karakter peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan survei dengan berbantuan kuesioner melalui platform google form. Populasi pada
penelitian ini yaitu guru dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1)
93,1 % data menunjukkan tingkat pemahaman P5 dengan baik, (2) 34,5 data menunjukkan
peran P5 sangat penting, (3) 17,2 % data menunjukkan metode pembelajaran dalam P5
terhadap peningkatan karakter peserta didik sangat efektif, dan (4) 24,1 % data menunjukkan
perubahan karakter peserta didik sangat terlihat setelah mengikuti P5.
Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Peserta didik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.