PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP ALTRUISME SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM

Authors

  • Devita Lidya Pusphita Ningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yaitu Model
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Altruisme siswa SD Margerejo I Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
experimental design dengan menggunakan posttest only control design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebondalem yang berjumlah 40 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket Altruisme. Teknik analisis data
menggunakan uji T dengan program SPSS. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Model PBL terhadap altruisme siswa kelas V SDN Kebondalem.

Kata Kunci : Model PBL, Altruisme

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Devita Lidya Pusphita Ningrum, & Danang Prastyo. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP ALTRUISME SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 266–271. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1075