Implementasi Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital sebagai alat
evaluasi guna meningkatkan minat belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar, terutama melalui
penggunaan aplikasi Baamboozle. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, di mana
peneliti menganalisis dan menjelaskan penerapan Baamboozle dalam konteks pembelajaran di
sekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran ini mendorong guru untuk lebih kreatif dan
inovatif dalam menyampaikan materi di kelas. Salah satu pendekatan yang menarik dan efektif
untuk mengatasi kebosanan siswa adalah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbasis
permainan, seperti Baamboozle. Sebelum menggunakan Baamboozle, nilai rata-rata hasil belajar
siswa adalah 72,8. Setelah penerapan Baamboozle, nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi
93,2, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Penggunaan
media pembelajaran ini juga mempermudah siswa dalam menjawab pertanyaan, meningkatkan
pemahaman mereka, serta memberikan motivasi untuk belajar lebih aktif.
Kata kunci: Baamboozle; motivasi belajar; sekolah dasar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.