Penerapan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen terhadap Store Atmosphere

Studi Kasus: Restoran Alam Sunda Gadog

Authors

  • Suci Nuralita Universitas Djuanda Bogor
  • Endang Silaningsih Universitas Djuanda Bogor
  • Mochammad Reza Universitas Djuanda Bogor
  • Ibnu Athoillah Al Faqih Universitas Djuanda Bogor
  • Oci Sulastri Sipayung Universitas Palangkaraya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap store atmosphere
yang disediakan oleh Restoran Alam Sunda Gadog serta mengidentifikasi atribut-atribut yang
menjadi keunggulan dan kelemahan berdasarkan store atmosphere dengan menggunakan
metode Importance Performance Analysis (IPA). Subjek penelitian ini adalah konsumen Restoran
Alam Sunda Gadog, dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Penelitian ini
melibatkan 50 konsumen sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan Importance Performance
Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menentukan apakah elemen-elemen
store atmosphere seperti exterior, general interior, store layout dan interior display mempengaruhi
kepuasan konsumen di Restoran Alam Sunda Gadog. Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap store atmosphere di Restoran Alam
Sunda Gadog mencapai 79%, yang menunjukkan bahwa konsumen merasa "puas". Untuk
meningkatkan kualitas store atmosphere secara lebih optimal, pihak restoran perlu segera
memperbaiki beberapa atribut, seperti desain restoran dari luar agar terlihat menarik, dan
menawarkan variasi produk yang lebih beragam.
Kata kunci: Store atmosphere, Restoran Importance Performance Analysis (IPA), Costumer Satifaction Index (CSI).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Suci Nuralita, Endang Silaningsih, Mochammad Reza, Ibnu Athoillah Al Faqih, & Oci Sulastri Sipayung. (2024). Penerapan Metode Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen terhadap Store Atmosphere: Studi Kasus: Restoran Alam Sunda Gadog. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1068