Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika pecahan pada kelas IV SD Negeri Genukwatu 3
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika pecahan pada motivasi belajar siswa kelas VI
sekolah dasar. Seluruh siswa kelas IV SD Negeri Genukwatu 3 yang berjumlah 15 orang dilibatkan dalam
penelitian ini, sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 15 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
dengan teknik ANOVA dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil penelitian
sebagai berikut:(1) Terdapat perbedaan kemampuan siswa yang belajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan siswa dengan model pembelajaran konvensional dalam menyelesaikan masalah
matematika pecahan. . (2) Terdapat perbedaan antara kemampuan siswa yang memiliki motivasi belajar
tinggi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam
menyelesaikan masalah pecahan matematika. (3) Terdapat perbedaan antara siswa yang motivasi
belajarnya rendah yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang
motivasi belajarnya rendah yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan motivasi belajar siswa dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika pecahan.
Kata Kunci: Model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.