Pengaruh Metode Collaborative Writing Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eva Natasyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Menulis sering dianggap sulit dan membosankan, namun membantu mengasah kemampuan
motorik, daya ingat, dan berpikir kritis. Pendekatan Collaborative Writing dapat membantu siswa
dalam belajar menulis narasi karena banyak dari mereka yang malas dan kurang semangat dalam
menulis. Penelitian ini memiliki tujuan guna memahami seperti apa keterampilan menulis narasi
siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh strategi Collaborative Writing. Pendekatan QCE dan
kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan pendekatan sampel yang
komprehensif (jenuh), populasinya adalah siswa kelas IV UPT SDN 221 Gresik yang berjumlah 64
orang. Tes dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dilakukan
analisis homogenitas, normalitas, dan uji-t. Temuan studi ini menunjukkan bahwa pendekatan
Collaborative Writing berpengaruh signifikan terhadap kapasitas seseorang dalam menulis
narasi. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata 82,50 pada posttest, dibandingkan dengan 61,11
pada kelompok kontrol. Nilai sig ditunjukkan dengan uji Independent Sample T-test. Pendekatan
Collaborative Writing mempunyai pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan 2-tailed 0,000 <
0,05. Observasi aktivitas siswa menunjukkan nilai 94,4 dalam kategori "Sangat Baik". Perubahan
positif terlihat dalam kondisi pembelajaran, perhatian pada materi, dan keaktifan siswa. Metode
Collaborative Writing efektif diterapkan pada pembelajaran menulis narasi.
Kata kunci: Metode Collaborative Writing, Kemampuan Menulis Narasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Eva Natasyah, & Cholifah Tur Rosidah. (2024). Pengaruh Metode Collaborative Writing Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1065