EFEKTlVlTAS MODEL PROBLEM BASED LEARNlNG DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASlL BELAJAR MATEMATlKA MATERl PECAHAN SlSWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
peneIitian ini didasarkan pada kendala kurang fokusnya siswa dalam belajar, siswa sulit
menangkap materi dan soal yang diberi beserta cara penyelesaiannya, sehingga mengakibatkan
Hasil pembelajaran matematika siswa bab pecahan belum optimal. Penelitian bertujuan (1)
Mengetahui ketuntasan dari hasil pembelajaran dari sebelm serta sesudah model Problem Based
Learning melalui pendekatan Open-Ended. (2) Mengetahui apakah penggunaan Pendekatan
Problem Based Learning dimodelkan melalui Open-Ended Pendekatan ini terbukti efektif untuk
menunjukkan pencapaian beIajar matematika tentang pecahan dikelas V. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif melalui perancangan pre-eksperimen one group
pretest-posttest design. PopuIasi dipeneIitian ini yakni sekumpulan kelas V SDN Menanggal 601
Surabaya yang jumlahnya 99 siswa. Sampel terkumpul untuk penelitian ini yakni siswa kelas V- A
dengan jumlahnya 34 siswa melalui cara Purposive Sampling. Data terkumpul dengan teknik
observasi dan tes. Teknik penganalisisan data dengan uji statistik melalui uji T. Penelitian
menghasilkan jika (1) adanya perbedaan pada hasiI beIajar matematika materi pecahan oleh
siswa kelas V sebelum dan sesudah mempergunakan model Problem Based Learning melalui
Open-Ended. (2) PembeIajaran dengan Problem Based Learning melalui Open-Ended dilaksanakan
dengan paling baik.
Kata kunci: ProbIem Based Learning, Open-Ended, Pencapaian Belajar Matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.