PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Untung Sutomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Imam Wahyudi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Guntur Wicaksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lesmawati Suhardiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning yang dibantu dengan gambar Grafik Statistika pada kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas X SMAN 1 Sreseh yang dilakukan sebagai akibat rendahnya nilai kompetensi pengetahuan Matematika siswa pada pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan secara eksperimental menggunakan design eksperimen semu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sreseh yang terdiri dari 5 kelas secara keseluruhan berjumlah 150 siswa. Sampel yang diperoleh sejumlah 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa dari X sebagai kelas perlakuan dan 30 siswa dari kelas X sebagai kelas pembanding. Berdasarkan analisis data gain score dinyatakan bahwa rata rata kompetensi matematika pada materi statistika yang dimiliki kelas X dengan perlakuan lebih tinggi dari kelas pembanding. Perhitungan t-test diperoleh thitung yaitu 7,93 dengan tingkat kepercayaan 5% dengan dk = 69, didapatkan ttabel yaitu 2,00. Simpulannya bahwa thitung > ttabel (7,93 > 2,00) H0 yang berbunyi: “Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media gambar Grafik Statistika dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional” yang diajukan ditolak serta menerima Ha. maka dapat di simpulkan, kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas X SMAN 1 Sreseh pada tahun pelajaran 2023/2024 dipengaruhi secara signifikan oleh model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu oleh media grafik statistik.terhitung yang didapatkan lebih besar dari hasil grafik serta tabel dengan menggunakan analisis t-test. Hipotesis nol ditolak dikarenakan thitung > ttabel. Hal ini membuktikan ada pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan dengan problem based learning yang dibantu Gambar grafik statistika dengan siswa yang diajarkan secara konvensional. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Gambar grafik statistika Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas X SMA. 


Kata kunci: Problem Based Learning, Media Pembelajaran, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Untung Sutomo, Imam Wahyudi, Guntur Wicaksono, & Lesmawati Suhardiana. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 500–513. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1040