PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 39 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Dunia pendidikan selalu memberikan proses baru dalam perjalanannya, hal itu bisa saja terjadi karena aktivitas komponen pendidikan salah satunya pada keberagaman siswa. Keberagaman siswa mencakup berbagai aspek, yang meliputi perbedaan akademik, latar belakang budaya, gaya belajar, minat, serta kebutuhan menjadi perspektif baru yang menantang dengan mewujudkan pembelajaran yang varians. Keberagaman ini membuat pelaksanaan pendidikan perlu dijalankan sedemikian rupa melalui beberapa pendekatan pembelajaran yang salah satunya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pelajaran PPKn di SMP Negeri 39 Surabaya. Untuk jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui metode pengamatan, baik secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah ditemukan penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang terlaksana dengan baik melalui beberapa aspek. Pada penerapannya, aspek proses diwujudkan dengan pembelajaran diskusi dan tanya jawab serta diselingi dengan permainan belajar yang interaktif. Aspek konten, diwujudkan dengan pemberian topik berbeda sesuai kompetensi kelompok siswa yang terwujud dari materi pembahasan berbeda dalam satu topik, dan untuk aspek produk yang mana siswanya diberikan kebebasan untuk mengumpulkan hasil proses belajarnya seperti dengan penampilan presentasi maupun produk simulasi seperti tarian, drama, dan yang lainnya. Hal ini diharapkan mampu memerdekakan segala komponen pendidikan, baik guru dan siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, PPKn, SMP Negeri 39 Surabaya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.