Penggunaan Laboratorium Virtual PhET sebagai Media Pembelajaran IPA pada Siswa kelas V SD Negeri 050611 Aman Damai

Authors

  • Nurul Arfika Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. PhET, merupakan platform laboratorium virtual yang digunakan sebagai media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA. Metode dalam penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian pustaka (library research). Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini ialah untuk menginformasikan kepada para pendidik serta pengajar bahwa melalui laboratorium virtual PhET siswa dapat melakukan eksperimen yang aman dan interaktif, sehingga memahami konsep IPA secara lebih mendalam dan menyenangkan. Berdasarkan hasil kajian literatur dan temuan lapangan oleh beberapa peneliti, dapat disimpulkan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 050611 Aman Damai yang bisa dioptimalisasikan dengan menggunakan PhET sebagai media pembelajaran IPA pada materi perubahan wujud benda. KD 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan seharihari dan KD 4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa dapat merasakan secara virtual dengan mengamati perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas melalui simulasi penggunaan media PhET.

Kata kunci: Laboratorium Virtual1; PhET2; Pembelajaran IPA3; 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Nurul Arfika. (2024). Penggunaan Laboratorium Virtual PhET sebagai Media Pembelajaran IPA pada Siswa kelas V SD Negeri 050611 Aman Damai . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 631–637. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1036