EFEKTIVITAS DAN KEPRAKTISAN PENGINTEGRASIAN E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Authors

  • Nuraini Sirajudin Universitas Khairun, Ternate, Indonesia
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muharram Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Abstract

Abstrak

Usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru tersebut ternyata belum membuahkan hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rendahnya kualitas guru-guru di Maluku Utara. Upaya peningkatan kompetensi pedagogis dan profesional guru biologi di Maluku Utara dapat dimulai dengan mempersiapkan mahasiswa calon guru biologi atau mahasiswa pendidikan biologi untuk memiliki kedua kemampuan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengusulkan salah satu alternatif penyelesaian masalah tersebut melalui pengintegrasian buku ajar elektronik (e-book) dalam pembelajaran berbasis. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dan kepraktisan pengintegrasian e-book dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain pretest-posttest untuk satu grup. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2024 dan tempat penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada tingkat kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 6 orang. Penelitian dilakukan selama 8 pertemuan termasuk tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka simpulan bahwa pengintegrasian Buku ajar elektronik (e-book) pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran berbasis masalah sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan biologi hal tersebut dapat dilihat berdasarkan ketuntasan pembelajaran, sebesar 100% (kriteria Sangat Tinggi) dan pengintegrasian Buku ajar elektronik (e-book) pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran berbasis masalah sangat praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan biologi hal tersebut dapat dilihat respon positif dari para pengguna yang Sangat Tinggi.

 

Kata kunci: e-book, pembelajaran berbasis masalah, berpikir kreatif

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Nuraini Sirajudin, Ismail Tolla, & Muharram. (2024). EFEKTIVITAS DAN KEPRAKTISAN PENGINTEGRASIAN E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI . Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 620–630. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1033