Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kewirausahaan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan modul pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kewirausahaan. Data dalam artikel ini dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran angket yang diisi oleh 2 orang guru, 4 orang dosen yang semua berfokus pada bidang kewirausahaan dan menggunakan sampel sebanyak 80 orang yang terdiri atas 28 siswa di SMK Negeri 1 Sukasada, 26 mahasiswa di STAH Negeri Mpu Kuturan, dan 26 mahasiswa di Politeknik Nasional, lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek kajian dalam artikel ini mencakup jenis bahan ajar dan materi apa yang perlu untuk dikembangkan untuk Bahasa Inggris berbasis Kewirausahaan. Hasil studi menunjukkan bahwa siswa dan mahasiswa membutuhkan modul pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Kewirausahaan dalam bentuk elektronik dan materi pembelajaran yang dibutuhkan adalah mengenai pembicaraan kepada konsumen, kosakata bahasa inggris, struktur Bahasa Inggris, bagaimana cara melakukan penjualan langsung dan tidak langsung dengan menggunakan Bahasa Inggris.
Kata kunci: analisis; modul pembelajaran; bahasa inggris; kewirausahaan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.