PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Authors

  • Khiyarotun Nissa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Penyebab utamanya adalah metode pembelajaran yang monoton, di mana siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dijelasakan guru tanpa kesempatan untuk membangun dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan ebook dapat menjadi solusi alternatif untuk mengoptimalkan dorongan belajar siswa, teruatama pada materi toleransi antarumat beragama. Tujuan dari analisis ini yaitu untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media ebook terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Menanggal 601 Surabaya. Analisis ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dalam desain posttest-only control. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Instrumen penelitian juga berupa kuesioner. Teknik analisa data mencakup uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menyatakan terdapatnya dampak model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media ebook terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Menanggal 601 Surabaya.

Kata kunci: model project based learning; motivasi belajar; ebook

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Khiyarotun Nissa, & Danang Prastyo. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN EBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 461–466. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1029