Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Innany Mukhlishina Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Malang
  • Belinda Dewi Regina Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Malang
  • Murtyas Galuh Danawati Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 bertujuan untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045 yang dibekali dengan berbagai kompetensi, antara lain PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), literasi, 4 C (creative, critical thinking, communicative, dan collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). PPK memiliki 5 nilai karakter utama yaitu nasionalis, religius, gotong royong, mandiri, dan integritas. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter bisa dilakukan dengan menanamkan suatu nilai karakter dengan melalui pengintegrasian dalam nilai-nilai karakter buku ajar. Buku ajar yang telah diterbitkan pemerintah sebagai buku ajar paling utama dalam pembelajaran kurikulum 2013 adalah buku siswa dan buku guru. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja muatan nilai karakter yang muncul pada buku siswa kelas IV sekolah dasar kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 berdasarkan penguatan pendidikan karakter (bagian wacana, petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan, dan evaluasi). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter yang muncul pada buku siswa kelas IV sekolah dasar kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 berdasarkan penguatan pendidikan karakter (bagian wacana, petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan, dan evaluasi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian dilakukan dengan cara metode analisis isi (content analysis).  Bagian-bagian yang muncul dalam buku siswa kelas IV SD kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 berdasarkan penguatan pendidikan karakter (bagian wacana, bagian petunjuk kegiatan, tagihan kerja/latihan, dan evaluasi) yaitu bagian wacana (ayo membaca), bagian petunjuk kegiatan (ayo berdiskusi, ayo renungkan, ayo mencoba, ayo mengamati, ayo bernyanyi, ayo berkreasi), bagian tagihan kerja/latihan (ayo berlatih, ayo menulis), bagian evaluasi (pertanyaan setelah ayo membaca, kerjasama dengan orangtua, dan soal). Pada buku siswa kelas IV SD kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 Tema 1 semua Penguatan Pendidikan Karakter muncul yaitu religius (sub nilai keberimanan, persahabatan, cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan, mencintai lingkungan, kerjasama antar pemeluk agama), nasionalis (sub nilai cinta tanah air, menjaga lingkungan, menghargai keberagaman budaya, menghormati keberagaman suku budaya, apresiasi kekayaan budaya, menjaga kekayaan budaya), mandiri (sub nilai menjadi pembelajar sepanjang hayat, kerja keras, kreatif, daya juang, keberanian), gotong royong (sub nilai menghargai, kerjasama, anti diskriminasi, solidaritas, komitmen atas keputusan bersama, menjaga lingkungan), dan integritas (sub nilai  tanggung jawab, komitmen moral).

Kata kunci : Nilai karakter, Buku siswa, Kurikulum 2013, PPK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Innany Mukhlishina, Belinda Dewi Regina, & Murtyas Galuh Danawati. (2021). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 2, 218–229. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/102