PENANAMAN NILAI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Meyrinda Eka Putri Riyani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,Indonesia
  • Nitasih Indahsari
  • Rachmaniah Hidayati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Abstrak

 

Pendidikan pada anak usia dini merupakan upaya dalam membina anak sejak lahir di dunia sampai dengan usia enam tahun dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani supaya anak mempunyai kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya. Penelitian berikut ini bertujuan untuk melakukan analisis Penanaman Nilai Dan Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Komunikasi Anak Usia Dini. Kajian  Pustaka digunakan dalam metode penelitian ini bersumber dari artikel ilmiah, karya tulis dan buku yang dijadikan sebagai sumber data. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana cara menanamkan nilai dan membentuk karakter disiplin melalui komunikasi pada anak usia dini. Dengan adanya komunikasi tersebut antara pendidik dengan peserta didik atau orang tua dengan anak, hal ini dapat menumbuhkan dan mendukung kemampuan pemahaman mengenai nilai moral berserta penerapannya dalam kehidupan sehari-sehari, misalnya penerapan sikap disiplin baik di rumah maupun disekolah serta komunikasi yang baik melalui sikap sosialisasi pada diri anak dengan teman sebaya dan orang disekitarnya.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini, Nilai dan Karakter, Karakter Disiplin

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Meyrinda Eka Putri Riyani, Nitasih Indahsari, Rachmaniah Hidayati, & Ervin Nurul Affrida. (2024). PENANAMAN NILAI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KOMUNIKASI ANAK USIA DINI. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 540–545. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/1015