PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA KOMBINASI TEKNIK GUNTING RAMBUT DALAM DISAIN PEMANGKASAN RAMBUT KOMERSIL
Abstract
Abstrak
Pembelajaran berdasarkan masalah dapat melatih mahasiswa untuk memecahkan masalah dalam menentukan desain pemangkasan rambut komersial dengan menggunakan beberapa teknik gunting rambut. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dalam berkreatifitas pada penerapan teknik pemangkasan rambut komersial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang 1) hasil belajar siswa baik kognitif maupun psikomotorik setelah belajar dengan PBM 2) respon siswa selama proses belajar dengan PBM. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah mahasiswa Tata Kecantikan. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t statistik dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa pre test kognitif dengan nilai rata-rata 69,00, sedangkan post test kognitif 87,35. Hasil belajar siswa pre test psikomotorik nilai rata-rata siswa 65,00 dan post test psikomotorik 88,50. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan PBM 2) respon siswa dengan penerapan PBM rata-rata secara keseluruhan sebesar 95,00% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar dalam berkreatifitas pada penerapan teknik pemangkasan rambut komersial.
Kata kunci: Teknik gunting ; desain pemangkasan; pemangkasan rambut komersial
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.