Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berawal dari pemahaman bahwa model pembelajaran berbasis proyek yaitu sebuah mekanisme yang memanfaatkan proyek ataupun aktivitas sebagai sarana untuk menggapai kompetensi, termasuk pemahaman, sikap, dan keterampilan, dan mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Metode ini memanfaatkan masalah sebagai titik awal untuk mengumpulkana dana mengintegrasikana pengetahuana barua berdasarkan pengalaman praktis dalam beraktivitas dan menghasilkan karya yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung monoton, di mana siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru tanpa diberikan kesempatan untuk membangun dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri. Tujuan yang ingin dicapai pada analisis ini untuk mencari tahu seberapa besar dampak Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kemampuan mengatasi permasalahan pada siswa. Jenis analisis yang dipakai ialah penelitian kuantitatif yakni Quasi Experimental dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi sampel penelitian yakni kelas IV B dengan total 26 murid sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV C dengan total 26 murid sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran Model PjBL yang dilakukan di SDN Menanggal 601 Surabaya. Metode penghimpunan data pada analisis ini dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Instrumen yang dipakai untuk penelitiana inia adalaha tes. Teknik analisa data yang diterapkan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t independen untuk sampel. Hasil dari analisa ini menyatakan bahwa terdapat dampak pada Model Pembelajaran PjBL pada keterampilan menyelesaikan permasalahan pada siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.
Kata kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.